Data terbaru, ada sekitar 1,6 miliar umat Islam di seluruh dunia , menjadikan Islam agama terbesar kedua di dunia setelah agama Kristen, menurut Global Landscape Agama laporan dari Forum Pew Research Center on Religion & Public Hidup Desember 2012 .

Meskipun banyak orang , terutama di Amerika Serikat , dapat mengaitkan Islam dengan negara-negara di Timur Tengah atau Afrika Utara , hampir dua pertiga ( 62 % ) Muslim tinggal di kawasan Asia – Pasifik , menurut analisis Pew Research. Bahkan , banyak Muslim tinggal di India dan Pakistan ( 344 juta gabungan ) daripada di seluruh Timur Tengah- Afrika Utara wilayah ( 317 juta ) .

Namun, kawasan Timur Tengah – Afrika Utara memiliki konsentrasi tertinggi Muslim dari setiap wilayah di dunia : 93 % dari yang sekitar 341 juta jiwa adalah Muslim , dibandingkan dengan 30 % di sub-Sahara Afrika dan 24 % di wilayah Asia – Pasifik .

Muslim membentuk mayoritas penduduk di 49 negara di seluruh dunia . Negara dengan jumlah terbesar ( sekitar 209 juta ) adalah Indonesia , di mana 87,2 % dari populasi menyatakan sebagai Muslim . India memiliki populasi Muslim terbesar kedua di dunia dalam jumlah baku ( sekitar 176 juta ) meskipun Muslim membentuk hanya 14,4 % dari total penduduk India .

Pew Research menggunakan sebuah array survei , laporan sensus , register penduduk dan sumber data lainnya untuk memperkirakan jumlah Muslim dan kelompok agama lain di seluruh dunia , yang tujuan untuk menghitung semua kelompok dan orang-orang yang mengidentifikasi diri dengan agama tertentu . Angka-angka yang disajikan di sini adalah sebagai 2010 .

Pew Research telah menerbitkan beberapa laporan utama baru-baru ini umat Islam di seluruh dunia , termasuk yang pada perbedaan keyakinan mereka dan praktik keagamaan , pandangan mereka tentang agama , politik dan masyarakat , dan mereka menggunakan internet . Untuk rincian lebih lanjut tentang distribusi geografis dari populasi Muslim , di sini adalah pasal yang relevan dari laporan Global Landscape Agama . Anda juga dapat menjelajahi data kami pada populasi Muslim saat ini di masing-masing negara di sini dan proyeksi untuk pertumbuhan penduduk masa depan di sini .
Sumber : http://www.pewresearch.org/fact-tank/2013/06/07/worlds-muslim-population-more-widespread-than-you-might-think/

Iklan